Beranda > Documents > Apa itu MAC ADDRESS

Apa itu MAC ADDRESS

Setelah sekian lama bergeluti dengan Komputer, ada satu hal yang memang harus di perhatikan sebelum beranjak ke tingkat selanjutny, seperti halnya saya yang sedang bergejolak mempelajari tentang Jaringan Komputer, tapi sebelumnya kita harus perhatikan dan mengenal system yang akan kita pelajari itu, jangan sampai kita mengenal atap rumah tapi tidak mengenal pondai rumah itu sendiri, ini yang bahay bagi kaum IT.

seperti yang banyak kita ketahui bahwa sudah berbagai banyak orang mempelajari dunia IT itu tapi mereka lebih cenderung mempelajari tingkat tinggi dari pada mempelajari tingkat dasarnya, hal ini yang menyebabkan tidak adanya kemauan untuk menciptakan karya sendiri (dalam hal ini bisa dibilang saya sendiri pribadi seperi itu :P), mereka kebanyakan melihat ke atas tanpa memperhatikan dasarnya,!

TEORI, kebanyak orang sangat anti mendengar kata TEORI ( termasuk saya juga :D) di karenakan sebuah teori itu jauh berbeda dengan kenyataan (tapi tidak semua teori itu seperti itu kawan). tapi didalam Teori ini lah hal dasar yang akan memacu kita untuk emnciptakan hal-hal baru dalam berkarya, seerti contoh sederhana, anda akan membuat sebuah Rumah, tetapi anda sendiri tidak tahu bagai mana ukuran campuran antara Pasir dengan Semen yang akan di aduk menjadi adonan Kueūüėõ dan di jadikan sebungkul rumah mungilūüėÄ. tetapi anda pernah mempelajarinya dalam kenyataan, its oke, i like, tapi ingat, sebuah pratik tidak semuanya menghasilkan seperti apa yang kita inginkan tanpa Teori, dan sebaliknya.! jadi disini saya tidak akan membahas tentang Praktik, dikarenakan memang kata PERAKTIK itu sudah lumrah di mata eh salah di Telingan kawan semua. (sekali lagi, perhatikan jalan anda melangkah sebelum melanjutkan langkah kaki anda)

yup, kembali ke pembahasan,

CMD Mac Address

MAC ADDRESS, apa sih MAC ADDRESS itu? apa sih fungsinya MAC ADDRESS itu? bagai mana sih cara kerjanya MAC ADDRESS itu? dkk? ( beh, kalo yang ini mah ane juga belum tau :P)

MAC Address (Media Access Control Address) adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. Dalam sebuah jaringan berbasis Ethernet, MAC address merupakan alamat yang unik yang memiliki panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router, atau node lainnya dalam jaringan. MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address.

MAC Address mengizinkan perangkat-perangkat dalam jaringan agar dapat berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh, dalam sebuah jaringan berbasis teknologi¬†Ethernet, setiap header dalam frame Ethernet mengandung informasi mengenai MAC address dari komputer sumber (source) dan MAC address dari komputer tujuan (destination). Beberapa perangkat, seperti halnya bridge dan¬†switch Layer-2¬†akan melihat pada informasi MAC address dari komputer sumber dari setiap¬†frame¬†yang ia terima dan menggunakan informasi MAC address ini untuk membuat “tabel routing” internal secara dinamis. Perangkat-perangkat tersebut pun kemudian menggunakan tabel yang baru dibuat itu untuk meneruskan frame yang ia terima ke sebuah port atau segmen jaringan tertentu di mana komputer atau node yang memiliki MAC address tujuan berada.

Dalam sebuah komputer, MAC address ditetapkan ke sebuah kartu jaringan (network interface card/NIC) yang digunakan untuk menghubungkan komputer yang bersangkutan ke jaringan. MAC Address umumnya tidak dapat diubah karena telah dimasukkan ke dalamROM. Beberapa kartu jaringan menyediakan utilitas yang mengizinkan pengguna untuk mengubah MAC address, meski hal ini kurang disarankan. Jika dalam sebuah jaringan terdapat dua kartu jaringan yang memiliki MAC address yang sama, maka akan terjadi konflik alamat dan komputer pun tidak dapat saling berkomunikasi antara satu dengan lainnya. Beberapa kartu jaringan, seperti halnya kartu Token Ring mengharuskan pengguna untuk mengatur MAC address (tidak dimasukkan ke dalam ROM), sebelum dapat digunakan.

MAC address memang harus unik, dan untuk itulah, Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) mengalokasikan blok-blok dalam MAC address. 24 bit pertama dari MAC address merepresentasikan siapa pembuat kartu tersebut, dan 24 bit sisanya merepresentasikan nomor kartu tersebut. Setiap kelompok 24 bit tersebut dapat direpresentasikan dengan menggunakan enam digit bilangan heksadesimal, sehingga menjadikan total 12 digit bilangan heksadesimal yang merepresentasikan keseluruhan MAC address. Berikut merupakan tabel beberapa pembuat kartu jaringan populer dan nomor identifikasi dalam MAC Address.

Nama vendor
Alamat MAC
Cisco Systems 00 00 0C
Cabletron Systems 00 00 1D
International Business Machine Corporation 00 04 AC
3Com Corporation 00 20 AF
GVC Corporation 00 C0 A8
Apple Computer 08 00 07
Hewlett-Packard Company 08 00 09

Agar antara komputer dapat saling berkomunikasi satu dengan lainnya, frame-frame jaringan harus diberi alamat dengan menggunakan alamat Layer-2 atau MAC address. Tetapi, untuk menyederhanakan komunikasi jaringan, digunakanlah alamat Layer-3 yang merupakanalamat IP yang digunakan oleh jaringan TCP/IP. Protokol dalam TCP/IP yang disebut sebagai Address Resolution Protocol (ARP) dapat menerjemahkan alamat Layer-3 menjadi alamat Layer-2, sehingga komputer pun dapat saling berkomunikasi.

Beberapa utilitas jaringan dapat menampilkan MAC Address, yakni sebagai berikut:

Berikut ini adalah contoh output dari perintah ipconfig dalam Windows XP Professional:

anda coba mengetikkan perintah ipconfig /all di cdm anda

Windows IP Configuration

        Host Name . . . . . . . . . . . . : d1d1_ITC
        Primary Dns Suffix  . . . . . . . :
        Node Type . . . . . . . . . . . . : Unknown
        IP Routing Enabled. . . . . . . . : No
        WINS Proxy Enabled. . . . . . . . : No

Ethernet adapter Local Area Connection:

        Connection-specific DNS Suffix  . :
        Description . . . . . . . . . . . : Realtek RTL8139/810x Fam
ernet NIC
        Physical Address. . . . . . . . . : 00-13-88-85-30-C8
        Dhcp Enabled. . . . . . . . . . . : No
        IP Address. . . . . . . . . . . . : 192.168.1.69
        Subnet Mask . . . . . . . . . . . : 255.255.255.0
        Default Gateway . . . . . . . . . : 192.168.1.1
        DNS Servers . . . . . . . . . . . : 8.8.8.8
                                            8.8.4.4

Berikut ini adalah contoh output dari perintah ifconfig di Linux

$ ifconfig eth0
eth0      Link encap:Ethernet  HWaddr 00:13:d3:f1:37:8e  
          inet addr:192.168.0.254  Bcast:192.168.0.255  Mask:255.255.255.0
          BROADCAST MULTICAST  MTU:1500  Metric:1
          RX packets:0 errors:0 dropped:0 overruns:0 frame:0
          TX packets:0 errors:0 dropped:0 overruns:0 carrier:0
          collisions:0 txqueuelen:1000 
          RX bytes:0 (0.0 B)  TX bytes:0 (0.0 B)
          Interrupt:27 Base address:0xa000

MAC address adalah angka di samping parameter HWaddr

nah itu lah rangkuman yang saya dapatkan di Wikipedia, mungki secara dasar ini belum seberapa untuk penjelsannya, tapi alangkah baiknya anda mempelajarinya.ūüėÄ

kan tidak ada salahnya anda mengetahui dasarnya dulu baru membangun rumahūüėÄ

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: