Beranda > Documents > MACINTOSH

MACINTOSH

MACINTOSH OPERATING SYSTEM X

TIGER AND LEOPARD VERSION

  1. 1. MAC OS X 10.4 “TIGER”

1.1 Sejarah Mac OS X 10.4 “Tiger”

Mac OS X 10.4 “Tiger” pada awalnya ditinjau oleh Steve Jobs dari Apple CEO dalam pokok pidato yang disampaikannya di Konferensi Pengembang Sedunia (Worldwide Developers Conference) pada tanggal 28 Juni 2004. Kemudian pada bulan Desember 2004, beberapa pengembang non komersial merilis Tiger yang bocor di internet. Akibatnya, Apple menuntut file sharer, orang yang mendistribusikan Tiger untuk didownload bebas dengan menggunakan BitTorrent. Pada tanggal 12 April 2005, diumumkan bahwa Tiger resmi diluncurkan di seluruh dunia pada tanggal 29 April. Semua Apple Store diseluruh dunia menyelenggarakan seminar tentang Tiger, dan mendemokannya.

Pada 6 Juni 2005 pada Worldwide Developers Conference di San Fransisco, Jobs mengumumkan bahwa hampir 2 miliar copy terjual dalam enam bulan semenjak diluncurkannya Tiger, membuatnya system operasi tersukses yang dirilis Apple sepanjang sejarah. Ia juga mengemukakan bahwa Mac OS X telah direncanakan sejak awal untuk bekerja sama dengan prosesor Intel x86 di samping PowerPC, CPU untuk sistem operasi juga telah dipasarkan. Pada bulan Juni 2005, Apple mengumumkan rencananya untuk merilis x86 berbasis komputer pertama pada bulan Juni 2006, sisanya transisi ke x86 pada bulan Juni 2007. Pada tanggal 10 Januari 2006, Apple merilis iMac dan MacBook Pro pertama mereka yang menawarkan teknologi prosesor Intel Core Duo, dan mengumumkan bahwa seluruh produk Apple akan ditransisi ke prosesor Intel pada akhir tahun 2006. Kemudian Apple merilis Mac Pro dan mengumumkan Xserve baru pada 8 Agustus 2006, melengkapi transisi Intel dalam 210 hari.

Tiger merupakan versi pertama dari Mac OS X yang tersedia pada DVD bukan di CD, walaupun DVD tersebut dapat ditukar dengan CD untuk $ 9,95. Tiger juga merupakan versi pertama dari Mac OS yang memiliki nomor versi update terakhir dengan nilai lebih besar dari 9, dengan 10.4.10 dan 10.4.11 update.

1.2 Karakteristik dan Perbedaan Antar Versi untuk Mac OS X 10.4

Beberapa fitur baru dari versi Tiger ini yaitu Spotlight, fitur system pencarian cepat, versi baru dari Safari web browser, Dashboard, tema ‘Unified’ baru, dan meningkatkan dukungan untuk 64-bit pengalamatan pada Power Mac G5s.

Mac OS X v10.4 “Tiger” terdapat semua hal baru dari computer Macintosh, dan juga tersedia versi upgrade untuk pengguna Mac OS X yang ada, atau user yang menggunakan pra-Mac OS X. Edisi server, Mac OS X Server 10,4, juga tersedia untuk beberapa produk Macintosh. Tiger juga merupakan versi pertama dari setiap system operasi yang dirilis Apple untuk berjalan pada arsitektur mesin Apple-Intel (komputer Apple menggunakan prosesor x86). Apple TV, seperti dirilis pada bulan Maret 2007, dilengkapi dengan versi Mac OS X v10.4 yang disesuaikan dengan brand “Apple TV OS” yang menggantikan yang antarmuka pengguna grafis (graphical user interface)  dengan versi update dari Front Row.

1.3 Fitur/Kemampuan Mac OS X 10.4 “Tiger”

Apple mengiklankan bahwa Mac OS X v10.4 Tiger memiliki lebih dari 200, termasuk:

  • Spotlight – Spotlight merupakan mesin pencarian metadata, yang dapat mencari apapun mulai dari dokumen Word sampai kalender iCal juga Buku Alamat, serta semua teks dalam file PDF. Fitur ini juga digunakan untuk membangun konsep smart folder ke dalam Finder. Spotlight akan menampilkan file yang telah disimpan, sehingga user dapat dengan cepat dan mudah menemukan apa yang mereka cari sebagaimana yang diinput dalam text box yang disediakan.
  • iChat AV – iChat AV 3.0 baru di Tiger mendukung sampai empat partisipan dalam konferensi video dan sepuluh peserta dalam konferensi audio. iChat AV juga mendukung komunikasi menggunakan Jabber protokol. Server Jabber disebut Server iChat disertakan pada Mac OS X Tiger Server.
  • Safari RSS – web browser Safari 2,0 di fitur Tiger memasukkan pembacaan untuk RSS dan sindikasi web Atom yang dapat diakses dengan mudah dari tombol RSS dalam kolom alamat dari jendela browser. Versi update dari Safari, dimasukkan sebagai bagian dari Mac OS X v10.4.3 update gratis, dapat melewati juga tes standar Acid2.
  • Mail 2 – versi terbaru klien email Mail.app termasuk di fitur antarmuka Tiger yang diperbarui, “Smart Mailbox” yang memanfaatkan sistem pencarian Spotlight, pengontrolan induk, serta beberapa fitur lainnya.
  • Dashboard – Dashboard merupakan layer aplikasi mini berdasarkan HTML, CSS, dan JavaScript, yang mengembalikan konsep aksesoris desktop untuk Mac OS. Aksesori ini dikenal dengan istilah widgets. Dashboard datang dengan beberapa widgets seperti Cuaca, Jam Dunia, Konverter Unit, dan kamus / ensiklopedi. Lebih lanjut tersedia secara online dan gratis.
  • Automator – sebuah tool script yang disebut Automator yaitu untuk menautkan beberapa aplikasi untuk membentuk aliran kerja otomatis yang kompleks (ditulis dalam AppleScript, Cocoa, atau keduanya). Automator hadir dengan library lengkap untuk beberapa aplikasi yang dapat digunakan bersama dalam melakukan pekerjaan.
  • Dll.
  1. 2. MAC OS C 10.5 “LEOPARD”

2.1 Sejarah Mac OS X 10.5 “Leopard”

Mac OS X 10.5 “Leopard” merupakan versi terbaru dari versi sebelumnya yaitu Mac OS X 10.4 “Tiger”. Mac OS X versi 10,5 “Leopard” termasuk dalam keenam besar Mac OS X yang dirilis secara besar-besaran, Apple desktop dan system operasi server untuk untuk computer Macintosh, tetapi juga merupakan pengganti untuk Mac OS X v10.4 “Tiger”. Leopard dirilis pada tanggal 26 Oktober 2007, dan tersedia dalam dua varian: versi desktop, cocok untuk komputer pribadi, dan versi server, Mac OS X Server.

Apple menawarkan pengurangan biaya-upgrade kepada orang yang membeli komputer Apple baru setelah tanggal 1 Oktober 2007, yaitu mereka yang belum memiliki Mac OS X v10.5 Leopard pada komputernya. Steve Jobs di MacWorld 2008 menyatakan bahwa lebih dari 20% dari Mac menggunakan Leopard sebagai sistem operasi mereka. Leopard akan digantikan oleh Mac OS X v10.6 “Snow Leopard”, yang diharapkan dapat diluncurkan pada pertengahan tahun 2009.

2.2 Karakteristik dan Perbedaan Antar Versi untuk Mac OS X 10.5 “Leopard”

Menurut Apple, Leopard berisi lebih dari 300 perubahan dan perangkat tambahan, yang meliputi komponen inti sistem operasi serta termasuk aplikasi dan perangkat pengembangan. Leopard memperkenalkan desktop yang direvisi secara signifikan, dengan mendesain ulang Dock, Stack, Menu Bar yang setengah transparan, dan Finder terbaru yang memasukkan antarmuka navigasi visual Cover Flow pertama pada iTunes.

Fitur khusus lainnya yaitu dukungan untuk menulis pada antarmuka pengguna aplikasi grafis 64-bit, utility back up yang otomatis disebut Time Machine, mendukung untuk pencarian Spotlight untuk beberapa mesin, dan penyertaan Front Row dan Foto Booth, yang sebelumnya hanya terdapat pada beberapa model Mac.

2.3 Fitur/Kemampuan Mac OS X 10.5 “Leopard”

Apple mengiklankan bahwa Mac OS X v10.5 Leopard memiliki lebih dari 300 fitur baru, termasuk:

  • Peningkatan baru pada Automator, dimulai dengan poin mudah untuk memulai kerja. Automator juga dapat dengan cepat membuat atau mengedit workflows baru dengan perbaikan dari segi antarmuka. Sekarang dapat menggunakan fungsi baru yang disebut “Watch Me Do” yang memungkinkan Anda merekam aksi pengguna (seperti menekan tombol atau mengendalikan aplikasi tanpa memasukkan dukungan Automator) dan pengulangan sebagai tindakan dalam kerja. Hal ini dapat membuat lebih bermanfaat alur kerja Automator dengan tindakan untuk RSS feeds, video kamera iSight snapshot, PDF manipulasi, dan masih banyak lagi.
  • Back My Mac, fitur untuk pengguna MobileMe yang memungkinkan pengguna untuk mengakses file pada computer rumah mereka saat jauh dari rumah melalui internet.
  • Boot Camp, perangkat lunak yang memungkinkan untuk instalasi sistem operasi lain, seperti Windows XP (SP2 atau yang lebih baru) atau Windows Vista, pada partisi terpisah (terpisah atau internal drive) pada Mac berbasis Intel.
  • Perangkat tambahan Dashboard, termasuk Web Clip, fitur yang memungkinkan pengguna untuk menutup bagian dari halaman web yang ditampilkan dalam Safari ke dalam widget Dashboard secara langsung, dan Dashcode untuk membantu pengembang kode widgets.
  • Desktop baru, 3-D dock yang didesain ulang dengan fitur baru yang disebut kelompok Stack, yang menampilkan file baik dalam sebuah gaya “kipas/fan”, gaya “grid”, atau (sejak 10.5.2) gaya “list”.
  • Kamus/Dictionary yang dapat mencari dari Wikipedia, dan kamus terminology Apple juga. Juga dilengkapi kamus bahasa Jepang-Daijisen, Progressive EJ dan kamus Progressive JE, dan ensiklopedi 25000-kata ” Tsukaikata no Wakaru Ruigo Reikai Jiten “, Semua yang diberikan olehpenerbit Jepang Shogakukan.
  • Pendesignan ulang Finder, dengan fitur yang serupa dengan yang terlihat di iTunes 7, termasuk Cover Flow dan Sumber-daftar seperti sidebar.
  • iCal,
  • iChat,
  • Podcast Capture,
  • Dll.

3 Pemrograman yang dapat Dijalankan

Semua file format windows dapat dijalankan pada system operasi Macintosh versi Tiger dan Leopard. Otomatis, dengan demikian Microsoft Office pun dapat dijalankan/run di system operasi ini. Selain itu, dokumen-dokumen yang dibuat di Mac bias dibaca di Sistem Operasi lain, dan sebaliknya. Baik yang formatnya generik (misalnya .pdf, .html, .mp3, text) maupun yang formatnya khusus (misalnya .doc, .xls, .ppt). Asalkan ada program aplikasi di kedua platform (Mac dan Windows) yang bias membaca format tersebut.

Kategori:Documents
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: