Beranda > Documents > Menghilangkan WIndows Genuine Advantage Nag Screen yang selalu nongol di Windows

Menghilangkan WIndows Genuine Advantage Nag Screen yang selalu nongol di Windows

Menghilangkan WIndows Genuine Advantage Nag Screen yang selalu nongol di Windows

Bagaimana cara menghilangkan WIndows Genuine Advantage Nag Screen yang selalu muncul di Windows?

Jika kita mengaktifkan fitur auto update pada Windows XP dan mekalukan update lewat internet, Microsoft akan mengecek apakah Windows yang kita gunakan asli atau bajakan. Jika ternyata bajakan, kita diminta untuk melakukan validasi. Tentu saja validasi ini butuh uang, karena harus membeli lisensinya. Selama belum divalidasi, di system try pada komputer kita akan muncul peringatan Windows Genuine Advantage atau biasa diseut WGA Notification yang berbunyi:

You may be a victim of software counterfeiting This copy of Windows is not genuine. Click This balloon to resolve now.

Kalo diklik kanan tampilannya seperti ini:


Ternyata tidak hanya sampai disini. setiap komputer kita start, akan muncul peringatan serupa.

This copy of Windows is not genuine. You may be a victim of software counterfeiting


Tak bosan-bosannya Microsoft mengingatkan kita untuk melakukan validasi. Setelah peringatan tadi kini diikuti dengan dialog pilihan apakah kita akan memvalidasi sekarang atau nanti. Pilihan apapun yang kita berikan, setelah start up komputer selesai, secara otomatis browser kita akn terbuka dan di arahkan menuju situs Microsoft.

This copy of Windows is not genuine and you have not yet resolved this issue. This computer is no longer eligible to recieve select security upgrades from Microsoft.

To protect your copy of Windows, you must click Get Genuine now

wga-notification1.jpg

Memang sampai saat ini peringatan ini hanya masih sebatas peringatan. Tapi tentunya kita tidak suka dengan hal-hal semacam ini, karena sedikit banyak berpengaruh pada performa komputer.

Nah, bagaimana cara menghilangkannya?

Ada banyak sekali trik untuk menghilangkan Notifikasi ini. Dari sekian banyak cara, ada cara yang sangat mudah, yaitu menggunakan utility Autoruns dari sysinternals.com. Autoruns ini besarnya hanya 364 KB dan dapat langsung di running tanpa perlu di install. Download software autoruns melaui official sitenya atau bisa juga di sini

Cari file dengan nama WGALogon kemudian hilangkan ceklistnya. Hanya itu. saja. ketika kita merestart komputer, peringatan itu sudah tidak ada lagi.


Jika kesulitan menemukan di mana letak WGALogon, cukup Klik File >> Klik Find dan ketikkan: wga. Tekan Enter. Item wga logon akan langsung tersorot.

Sebenarnya sampai disini sudah cukup. tapi jika kita benar-benar ingin ‘menghabisi’ sampai ke akar-akarnya. Hapus file-file berikut ini:

C:\WINDOWS\system32\WgaLogon.dll

C: \WINDOWS\system32\WgaTray.exe

C:\WINDOWS\system32\LegitCheckControl.dll

Untuk menghapus file tersebut, restart komputer terlebih dahulu. setelah direstart, baru dihapus.

Kemungkinan jika kita melakukan update online, kita akan diminta menginstal lagi file tersebut. Tapi pada kasus saya, ketika mengklik untuk mendownload update Microsoft, hanya menghilang begitu saja.

dan satu hal jangan menonaktifkan automatic updatenya ya

klik kanan my computer >> automatic update >> turn off automatic update >> ok

selamat mencoba

artikel dari chodirin.or.id

Kategori:Documents
  1. 22 Agustus 2009 pukul 2:48 pm

    kok di laptop n komputer gw ga pernah ada gituan yah…. gmn seh biar ada tanda gituan kan kerenz ada variasi gambarnya

    • 22 Agustus 2009 pukul 9:22 pm

      haaa..ha…aha…!!!

      lok mw Pake WINDOWS ja BANG biar da gituannya..!!
      yang itu kan WINDOWS..
      mungkin kalo LINUX gak kenal bajakan..!!
      rata-rata kita di sini kebanyakan pake WINDOWS..!

  2. 1 Juni 2016 pukul 11:29 am

    Hello there! This blog post couldn’t be written much better!
    Looking through this post reminds me of my previous roommate!
    He constantly kept preaching about this. I will forward this article to him.
    Fairly certain he’s going to have a great read.
    Many thanks for sharing!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: